Program Edukasi

Maraca (Mahasiswa Resep Maca)

Memberikan pelayanan training/workshop soft skill seputar dunia perbukuan berbasis IT (Information Technology) dan memberikan pelayanan seputar dunia wirausaha/bisnis yang sinergis dengan dunia perbukuan.

Mabuka (Maca Buku Akademik)

Tantangannya adalah membaca dan mengulas buku-buku akademik sesuai prodinya. Jumlah buku yang dibaca tidak dibatasi. Buku akademik harus diterbitkan oleh anggota IKAPI Jawa Barat atau Unpad. Ulasan buku tersebut ditulis antara 300-500 kata per buku.

Munmabul (Muslim Unpad Maca Buku Ulama)

Syarat bukunya lebih difokuskan pada buku-buku agama Islam yang sesuai sunnah dan ditulis oleh ulama-ulama terdahulu.

Mabusu (Maca Buku Sunda)

Membaca buku-buku berbahasa Sunda, baik fiksi maupun ilmiah populer yang diterbitkan oleh anggota IKAPI Jawa Barat. Kemudian memberikan resensi atau sinopsisnya melalui posting-an di website kami.

Mabur (Maca Buku Remaja)

Membaca buku fiksi yang ditulis, diterbitkan, atau dipasarkan untuk pembaca remaja dan anak muda, yaitu antara 13-21 tahun (teenlit). Kemudian menulis resensi dari buku tersebut. Setelah selesai ditulis, posting di website balepabukon.unpad.ac.id. 10 resensi terbaik diumumkan setiap 2 bulan sekali.

Mabuktal (Maca Buku Bantal)

Tantangan membaca dan mengulas buku bantal alias buku yang ketebalannya lebih dari 500 halaman selama tahun 2015.*

Mopi (Maca & Opini) Bareng

Tantangan membaca dan mengulas 24 buku sesuai tema per bulannya. Sedangkan opini bareng adalah menulis posting-an sesuai tema yang ditentukan dan masih berkaitan dengan dunia buku.*

Ngadu Maca (Ngurilingan Dunya ku Maca)

Tantangan menandai tempat-tempat atau kota atau negara yang kita kunjungi lewat membaca buku. Misalnya, kita selesai membaca buku yang latar tempatnya di London, maka kita akan menandai peta kita di titik London. Begitulah seterusnya selama tahun 2015. Bukankah membaca bisa membaca kita ketempat manapun dan kapanpun yang kita mau? Seru dan asyik, kan?

Balad Bale Pabukon Unpad

Tantangannya adalah membaca buku-buku selama setahun berdasarkan 50 tema yang ditentukan. Jadi, dalam sebulan minimal harus membaca 4 buku berdasarkan 4 tema berbeda.

Survei Buku

Melakukan berbagai program survei seputar buku-buku yang banyak terjual, kontraversional, inspirasional, dan monumental.