Tentang Bale Pabukon

Bale Pabukon Unpad adalah wahana display buku-buku, aktivitas sawala buku dan pembelajaran yang didesign dalam konteks paduan fungsi edukasi, rekreasi dan bisnis perbukuan secara harmonis dan berkarakter dengan mengoptimalkan teknologi informasi dan pelayanan berkearifan local sunda.

Ide dasar pendirian Bale Pabukon datang dari Rektor Unpad (2007-2015), Prof.Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA yang sangat mencintai dunia perbukuan dan budaya (kearifan lokal) Sunda.

Bale Pabukon menjadi karya inovatif terakhir dalam masa kepemimpinan sebagai Rektor Unpad, yang layak dilandih sebagai “Bapak Pembangunan Unpad Jatinangor”. IKAPI Jawa Barat telah memberi penghargaan sebagai “Lifetime Achievement Award“ 2015.

Dengan semua kiprahnya itulah menjadikan Unpad sebagai trend-setter budaya Sunda.

Bale Pabukon adalah icon Unpad, karena berfungsi sebagai satu-satunya dan yang pertama sebuah PTN memiliki tempat untuk belanja buku, sekaligus tempat wisata ilmu dan sawala buku (diskusi buku). Maka dari itu, masyarakat pendidikan bisa memanfaatkannya sebagai destinasi utama berkegiatan di dunia buku.